Tips Untuk Ibu Hamil Dan Janin Yang Sehat

1. Berhenti Merokok

Bila selama ini Anda merokok, berhentilah segera. Merokok meningkatkan risiko berbagai masalah, termasuk keguguran, masalah plasenta, bayi lahir dengan bibir sumbing dan kelahiran prematur. Merokok juga bisa memperlambat pertumbuhan janin dan meningkatkan risiko kelahiran mati dan kematian bayi.

Ibu hamil juga perlu menghindar sebisa mungkin dari orang-orang yang merokok agar tidak terpapar asap rokok. Ya Moms, jadi perokok pasif sangat berbahaya untuk diri maupun janin Anda. Bila pasangan Anda merokok, minta ia berhenti segera.

2. Berhenti Minum Alkohol

Seperti halnya rokok, konsumsi alkohol juga merugikan kesehatan ibu hamil dan janin yang dikandungnya. Alkohol dapat meningkatkan kemungkinan berat badan lahir rendah serta risiko bayi kelak tumbuh menjadi anak yang mengalami masalah dengan belajar, berbicara, rentang perhatian, bahasa, hingga hiperaktif.

3. Kurangi kafein

Laman American College of Obstetricians dan Gynecologists menyebutkan bahwa ibu hamil sebaiknya membatasi asupan kafein mereka menjadi kurang dari 200 mg per hari atau sekitar 1 cangkir saja. Ini karena konsumsi kafein yang tinggi diketahui berkaitan dengan kasus keguguran dan masalah kehamilan lainnya.

4. Tambah Jam Tidur

Pada trimester pertama, ibu hamil akan lebih mudah lelah. Karenanya, sebaiknya Anda mengusahakan untuk menambah jam tidur, Moms. Caranya antara lain dengan mencoba pergi tidur lebih awal.

Leave a reply

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>